Rabu, 02 Agustus 2017

Keindahan Alam Tanah Papua Yang Patut Anda Kunjungi

Keindahan Alam Tanah Papua Yang Patut Anda Kunjungi - Bagi anda yang mempunyai jiwa petualang, dan sudah mulai bosan untuk mendaki ataupun menjelajahi semua gunung dan pantai di pulau Jawa, bagaimana jika anda mulai mencoba untuk menjelajahi tanah Papua. Pulau paling timur Indonesia ini memiliki segala keindahan alam yang tak akan habis untuk dijelajahi.

Kekayaan alam berupa dataran hijau dan dunia bawah lautnya, menjadi surga dunia bagi para penggemar wisata alam. Tak hanya kekayaan alamnya saja, Papua juga menyimpan berbagai macam kearifan budaya lokal yang masih bertahan hingga sekarang. Jika anda masih bingung untuk memulai penjelajahan dari mana, berikut kami berikan referensi 7 tempat wisata di Papua yang wajib dikunjungi:

Keindahan Alam Tanah Papua
  • Pantai Amai
    Ini adalah adalah tempat wisata yang tepat bagi Anda yang menginginkan ketenangan. Pantai ini memang relatif lebih sepi, namun bukan berarti  tidak menarik, di ujung pantai, anda bisa melihat ada muara sungai yang membuat air asin dan air tawar bertemu dan menjadi satu, dan biasa digunakan oleh para wisatawan untuk membilas diri setelah berenang. Jika ingin menginap, di Pantai Amai sudah tersedia penginapan berupa rumah panggung yang pemandangannya langsung menghadap pantai. Karena letaknya yang tersembunyi, perjalanan menuju pantai ini akan menguji adrenalin Anda, medan serta rute jalan yang naik turun dan berkelok, akan menemani perjalanan menuju lokasi pantai ini. Namun semuanya akan terbayar lunas ketika anda sampai dan menyaksikan sendiri keindahan Pantai Amai.
  • Pulau Rumberpon
    Letaknya berada di Teluk Wondama atau sekitar 5 jam perjalanan jika menggunakan kapal dari Manokwari. Pulau ini memiliki pantai yang disebut dengan pantai pasir Panjang karena garis pantainya yang mencapai 6 km. Di tempat ini, selain bisa melakukan kegiatan andalan seperti menyelam, snorkeling, berenang atau memancing,  anda bisa mencoba untuk mengunjungi hutan bakau yang ada di pesisir pulau.
  • Tugu MacArthur
    Tugu MacArthur dibuat sebagai simbol penghormatan bagi Jenderal Douglas MacArthur yang merupakan seorang jenderal besar Amerika Serikat pada masa Perang Dunia II. Anda bisa menemukan tugu ini di Ifar Gunung, Jayapura, Anda pun bisa masuk ke dalam museum sambil melihat foto-foto dan sejarah perjalanan militer Jenderal MacArthur, seorang jenderal besar yang ahli dalam membuat strategi beberapa perang besar. Letaknya yang berada di ketinggian 325 meter di atas laut, Anda bisa melihat danau Sentani dan lapangan terbang bandara Sentani dari atas sini.
  • Taman Nasional Teluk Cenderawasih
    Dengan luas area 1.453.500 hektar, taman nasional ini hampir 90% area nya berupa perairan. Itu juga yang menjadikan Taman Nasioanal Teluk Cenderawasih dinobatkan sebagai kawasan konservasi laut terbesar dan terluas di Indonesia. Di alam bawah lautnya, terdapat 196 jenis moluska dan 209 jenis ikan, jika ingin mencoba untuk snorkeling, jangan kaget jika hewan laut seperti kura-kura, penyu, hiu dan lumba-lumba ikut menemani Anda  menyelam. Taman nasional ini pun merupakan pusat penelitian hiu paus atau whale shark yang dilakukan oleh pemerintah yang bekerjasama dengan LSM dari dalam dan luar negeri. Selain menikmati alam bawah lautnya, menjelajahi pulau-pulaunya pun tidak kalah seru, salah satunya adalah pulau Mioswaar. Di pulau ini, anda bisa melihat gua dengan sumber air panas yang memiliki kandungan belerang.
  • Raja Ampat
    Inilah salah satu tempat wisata di Papua yang keindahannya mampu menarik perhatian mata dunia, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Secara geografis, kawasan Raja Ampat terdiri dari empat pulau besar, yaitu Waigeo, Misool, Salawati, Batanta dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Kekayaan alam Raja Ampat berupa biota lautnya yang beragam, menurut The Nature Conservancy, sebanyak 75% spesies laut dunia ditemukan di perairan Raja Ampat. Luar biasa bukan! Meskipun Anda bisa dengan bebas menyelam kapan saja, namun waktu terbaiknya ada pada bulan Oktober dan November, karena pada bulan-bulan ini, cuaca sedang bagus dan air sangat jernih, sehingga memungkinkan jarak pandang saat menyelam. Tidak berani untuk menyelam? Anda bisa melakukan trekking di pulau-pulaunya, tidak perlu takut tersesat Anda bisa menggunakan jasa pemandu lokal yang sehari-harinya berprofesi sebagai nelayan.
    Tips: Jika berkunjung kesini, jangan lupa membawa buah pinang atau permen untuk diberikan kepada warga setempat, karena buah pinang dan permen dianggap sebagai tanda persahabatan, dan merupakan salah satu cara untuk membuat Anda lebih akrab dengan mereka.
  • Danau Sentani
    Danau ini merupakan danau terbesar di Papua. Terletak sekitar 50 km dari pusat kota Jayapura, danau Sentani mampu menawarkan keindahan alam yang luar biasa indah. Berwisata disini anda bisa berenang, memancing, menyantap kuliner di sekitar danau, hingga menyewa perahu untuk berkeliling danau. Yang lebih mengasyikkan, ada 24 desa di sekitar danau yang bisa Anda kunjungi, anda pun bisa berinteraksi langsung dengan warganya.
  • Desa Wisata Sauwandarek
    Desa ini masih berada satu kawasan kabupaten Raja Ampat, tepatnya di Meos Mansar. Di sini, Anda bisa melihat rumah tradisional yang terbuat dari kayu dan beratapkan jerami, yang unik, tempat wisata budaya ini hanya ditempati sekitar 46 kepala keluarga saja. Para perempuan-perempuan di desa ini mengisi kesehariannya dengan membuat topi dan tas dari daun pandan laut, jika anda menyukai hasil karya mereka, Anda bisa membelinya langsung dari pembuatnya. Selain itu, Anda bisa trekking ke telaga unik yang ada di desa ini, namanya telaga Yenauwyau, dikatakan unik karena air di telaga ini merupakan air asin, bukan air tawar seperti kebanyakan di telaga lainnya. Menurut warga sekitar, di dalam telaga ini ada sebuah penyu putih, jika Anda (kebetulan) melihatnya, konon Anda akan mendapatkan keberuntungan.
Menjelajahi alam Papua tentunya akan menjadi sebuah pengalaman menarik dan tak terlupakan yang bisa Anda ceritakan kepada keluarga juga teman-teman. Untuk memulai penjelajahan, anda bisa mulai mencari tiket pesawat GarudaIndonesia Anda juga bisa mencari harga promo tiket pesawatmurah dengan rute penerbangan Jakarta - Bandara Sentani dengan mengunjungisitus Reservasi.com. Kunjungi Papua, jelalajahi kekayaan negeri sendiri, selamat berlibur!. Wadah cara


EmoticonEmoticon